Fakta Tentang Kolesterol Yang Wajib Anda Ketahui!

fakta tentang kolesterol

Apakah kolesterol dalam kuning telur merupakan jenis kolesterol baik atau buruk? Dapatkah Anda membakar kolesterol dengan berolahraga? Lebih banyak mana kandungan kolesterol antara satu sendok makan mentega dengan secangkir selai kacang? Banyak fakta tentang kolesterol akan saya bahas dalam artikel ini. Jadi sebaiknya Anda baca sampai selesai.

Fakta tentang Kolesterol

Fakta 1 Tentang Kolesterol : Dapatkah Anda Membakar Kolesterol?

Kolesterol berbeda dengan lemak. Tidak seperti lemak kolesterol tidak dapat dibakar dan diubah menjadi energi. Kolesterol hanya ditemukan dalam produk hewani, termasuk daging, ayam, ikan, telur, daging, dan produk susu tinggi lemak.

Fakta 2 Tentang Kolesterol : Apakah Kolesterol itu Baik atau Buruk?

Tubuh mengangkut lemak dan kolesterol dengan cara melapisi mereka dengan air-larut "gelembung" protein. Gelembung protein lemak ini disebut lipoprotein.

Low-density lipoprotein (LDL) membawa kolesterol ke jaringan. LDL biasa disebut dengan kolesterol "jahat", karena kadar LDL yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

High-density lipoprotein (HDL) membawa kelebihan kolesterol kembali ke hati. HDL adalah kolesterol "baik"; Semakin banyak HDL yang Anda miliki, semakin rendah risiko Anda untuk mengembangkan penyakit jantung.

Fakta 3 Tentang Kolesterol : HDL dan LDL hanya ditemukan dalam darah Anda, tidak dalam makanan.

Perlu Anda ketahui bahwa kolesterol hanya ada dalam darah Anda bukan dalam makanan. Jadi istilah "makanan mengandung kolesterol tinggi" adalah salah kaprah. Yang benar makanan mengandung kadar lemak jenuh tinggi. Lemak jenuh inilah yang dapat meningkatkan kadar LDL (lemak buruk dalam darah). Sedangkan lemak tak jenuh dalam makanan dapat menurunkan kadar LDL dan mempertahankan kadar HDL (kolesterol baik).

Uji Kolesterol Anda

Risiko penyakit jantung dapat dinilai dengan tes kolesterol dalam darah. Dalam tes ini, hasil “pembacaan” keseluruhan kolesterol Anda harus mendekati jumlah LDL Anda, HDL dan lipoprotein lainnya. Jika Anda memiliki total 3,5 mg kolesterol atau kurang, untuk setiap 1 mg HDL, maka rasio kolesterol Anda sangat ideal. Menurut pedoman dari National Cholesterol Education Program:

  • Kolesterol total harus tetap di bawah 200 mg / dl, kecuali HDL tinggi.
  • LDL harus lebih rendah dari 130 mg / dl.
  • HDL harus 35 mg / dl atau lebih tinggi.
  • Orang di bawah usia 30 harus memiliki kadar kolesterol total lebih rendah dari 180 mg / dl.

Lemak Jenuh tak dan Tak Jenuh?

Lemak yang memasok kalori, mengambang dalam darah dan menumpuk di paha dan pinggul disebut "trigliserida." Lemak dapat dibedakan menjadi jenuh dan tak jenuh, dan yang tak jenuh dapat berupa monounsaturated atau polyunsaturated. Untuk setiap ons trigliserida yang Anda makan, Anda menambahkan 250 kalori untuk diet Anda. Lemak jenuh inilah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dan penyakit jantung berisiko.

Cara Memilih Makanan Berlemak

Secara umum cukup sulit untuk membedakan makanan yang mengandung lemak jenuh dan tak jenuh. Daging sapi dan susu lemak sebagian besar mengandung lemak jenuh. Minyak cair biasanya mengandung lemak tak jenuh, misalkan minyak zaitun, conola, minyak jagung, minyak kedelai, dan minyak ikan. Namun minyak kelapa sawit merupakan pengecualian karena merupakan minyak nabati sangat likuid lemak jenuh.

Kurangi Makanan Yang Digoreng

Makan makanan dengan banyak lemak jenuh meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu lemak jenuh juga meningkatkan jumlah LDL dalam darah dan menurunkan HDL. Dan lemak jenuh banyak terdapat pada makanan yang digoreng dengan minyak sawit.  Jadi Anda sebaiknya mengurangi makanan yang digoreng.

Berbeda dengan minyak sawit, minyak zaitun dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) tanpa menurunkan kadar HDL (kolesterol baik). Dengan minyak zaitun Anda dapat mempertahankan kadar HDL Anda dan tentu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Selain minyak zaitun, minyak ikan juga dapat menurunkan kadar LDL dalam darah. Jadi sudah saatnya Anda mengkonversi minyak sawit ke minyak zaitun dan minyak ikan.

Kesimpulannya adalah:

  • Kurangi makan lemak, lemak jenuh Terutama.
  • Batasi konsumsi daging berlemak, produk susu berlemak dan makanan olahan yang mengandung hydrogenated vegetable oil.
  • Gunakan minyak zaitun, tetapi dalam kadar yang sedang jangan terlalu banyak.
  • Isi piring Anda dengan buah, sayuran, biji-bijian, ikan dan kacang-kacangan.

Bagikan

Update Terkait

Copyright © | TokoHerbal123 | pemesanan.herbal@gmail.com
Powered by Quick Cart | |

Daftar Rekening

  • transfer BCA tokoherbal 123 No.Rek 2471-7757-81 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer Mandiri tokoherbal 123 No.Rek 135-00-1469455-6 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BNI tokoherbal 123 No.Rek 0458898966 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BRI tokoherbal 123 No.Rek 5895-01-029997-53-7 atas nama AHMAD FANANI