Insomnia Penyakit Susah Tidur Kiat Cara Mengatasinya

insomnia penyakit susah tidurInsomnia adalah suatu gangguan atau kelainan (semacam penyakit tidur) yang dialami oleh seseorang dengan tanda gejala selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari secara terus menerus (lebih dari sepuluh hari) mengalami kesulitan untuk tidur atau selalu terbangun di tengah malam dan tidak dapat tidur kembali, atau gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Menganal lebih dalam apa itu Insomnia?

Insomnia adalah masalah umum yang dapat menguras energi, mood, kesehatan, dan kemampuan untuk beraktifitas di siang hari. Insomnia berkepanjangan (kronis) dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Perubahan gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari dapat menjadi penyebab insomnia atau masalah susah tidur yang Anda alami.

Dengan kata lain, insomnia adalah ketidakmampuan untuk mendapatkan jumlah tidur yang cukup sesuai kebutuhan. Tidur cukup artinya seseorang akan dapat bangun dengan rasa segar dan bergairah. Ingatlah bahwa jumlah jam atau durasi kebutuhan tidur setiap orang dapat berbeda, oleh karena itu yang perlu ditekankan di sini adalah kualitas tidur seseorang bukan jumlah lamanya tidur. Bahkan ketika Anda menghabiskan delapan jam di tempat tidur, tetapi Anda tetap merasa mengantuk dan lelah di siang hari, maka itu juga bisa disebut dengan insomnia.

Cukup banyak orang yang mengalami satu dari ketiga jenis gangguan tidur ini. Dalam suatu penelitian di USA dilaporkan bahwa "sekitar 15 persen dari total populasi mengalami gangguan insomnia yang cukup serius". Penderita mengalami kesulitan untuk tertidur atau sering terjaga di malam hari dan sepanjang hari merasakan kelelahan.

Mungkin mayoritas diantara kita pernah merasakan kondisi yang sangat mebuat kita tidak nyaman, resah gelisah ketika pada saat malam hari - menjelang ingin tidur dikarenakan mengalami kesulitan dan tidak bisa tidur dengan segera. Padahal kita menginginkan tidur dengan sesegera mungkin dan senyenyak mungkin, dikarenakan keesokan harinya ingin mengerjakan sesuatu yang sangat penting. Dan andai apabila besoknya kita kerjakan suatu pekerjaan tersebut dengan kondisi kurang tidur atu dalam kondisi mengantuk, maka hasil pekerjaan kita tersebut alamat tidak menghasilkan sesuatu yang baik sesuai dengan harapan kita semula.

Penyebab Insomnia secara umum

Insomnia secara global disebabkan oleh keadaan psikis seseorang. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa penyebab penyakit insomnia yang perlu Anda ketahui :

1. Rasa takut berlebihan menyebabkan Insomnia

Insomnia sering disebabkan oleh rasa takut yang berlebihan. Biasanya rasa takut berlebihan ini muncul ketika Anda menonton sinetron tentang hantu atau film horor. Pengaruh tersebut menyebabkan Anda menyimpan file–file tersebut kedalam otak bawah sadar anda sehingga anda menjadi sulit tidur.

2. Super sibuk menyebabkan Insomnia

Alasan tuntutan pekerjaan yang menumpuk membuat mata Anda terpakasa melek harus bekerja siang malam sehingganya menjadikannya sebuah kebiasaan. Hal demikan akan membuat Anda terkena insomnia.

3. Cemas dan Khawatir menyebabkan Insomnia

Orang yang banyak fikiran hidupnya akan terasa merasakan waktu yang sangat lama. Keadaan tersebut menjadikan Anda susah untuk fokus dalam kerja bahkan sampai sulit tidur yang menyebabkan gangguan insomnia.

4. Jam tidur kurang dapat menyebabkan insomnia

Jam tidur yang kurang memicu seseorang terbiasa terjaga setiap malam, karena kebiasaan ini membuat mata dan otak merekam berapa jam ia akan tidur dalam setiap harinya. Faktor kurangnya jam tidur bermacam macam bisa jadi karena tuntutan sift malam, atau anaknya selalu menangis di tengah malam. Pada intinya tuntutan pekerjaan yang memaksanya untuk mengurangi jam istirahatnya.

4. Terlalu sering begadang malam menyebabkan Insomnia

Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh para ABG. Biasanya bagi kaum muda yang kuat untuk begadang semalaman suntuk, jangan terlalu sering begadang karena itu bisa menyebabkan insomnia dimasa mendatang. Sebaiknya jangan melakukan begadang jika memang sudah tidak ada lagi yang harus dikerjakan pada malam hari, segeralah tidur dengan nyenyak. Seperti lagu H. Rhoma Irama "Begadang jangan begadang, kalo tiada artinya, begada boleh saja kalo ada perlunya". Perlu disini dilakukan dalam keadaan darurat yang harus dikerjakan pada malam itu juga, bukan perlu nongkrong, dan lain sebagainya.

5. Perokok berat dapat menyebabkan insomnia

Mengapa rokok sangat berpengaruh pada Insomnia? Karena zat kafein yang ada didalam rokok ini lah yang membuat mata Anda selalu terjaga. Jadi, jika anda ingih dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman serta ingin mendapatkan badan sehat, kuncinya adalah "kurangilah merokok dan bahkan tinggalkanlah merokok demi kehidupan yang lebih baik.

6. Mengonsumsi kopi/teh dapat menyebabkan Insomnia

Sama dengan rokok, dalam minuman ini terdapat juga kandungan zat kafein yang membuat badan kita lebih segar kembali sehingga kita tidak akan mengantuk. jadi, jika Anda ingin tidur cepat dengan nyaman dan nyenyak, jangan minum kopi atau teh sebelum tidur.

7. Insomnia disebabkan oleh stress

Tumpukan jadwa pekerjaan dimeja kerja dekat tempat tidur Anda sampai segununug itu akan sangat mengganggu dan mungkin secarik kertas tagihan (bon) juga akan mengganggu fikiran Anda. Stres dapat menyebabkan insomnia.

8. Tempat tidur dan kamar tidak nyaman juga dapat menyebabkan Insomnia

Masalah ini timbul biasanya apabila kita menjumpai kamar baru, atau menginap di kamar teman atau keluarga yang konsisinya lain dengan kamar Anda, sehingga rasa ketidak nyamanan akan selalu muncul pada diri Anda yang menyebabkan Insomnia.

9. Tidur tepat dibawah lampu yang menyilaukan juga menjadi penyebab Insomnia

Anda pecinta gelap pada saat tidur? sama dengan saya. Kadang jika lampu tidak dimatikan mata sulit untuk dipejamkan. Mengapa demikian, karena retina mata akan selalu berkontraksi sempurna terhadap cahaya sehingga menyebabkan mata terganggu.

10. Jatuh Cinta menyebabkan insomia susah tidur

Penyebab insomia yang terakhir adalah karena jatuh cinta… berjuta rasanya,,, :D. Mungkin bisa dipercaya atau tidak tapi Anda mungkin sudah merasakannya sendiri. Seseorang yang jatuh cinta lebih banyak sering mengalami Insomnia daripada yang tidak atau belum pernah mengalami. Hal tersebut juga sebaliknya apa bila di hati masih ada kebencian yang mendalam terhadap seseorang bisa jadi insomnia akan menghampirinya.

Cara mengatasinya Insomnia

Berikut adalah cara tips mengatasi insomnia yang dilansir oleh kompasiana.com antara lain:

  1. Berolah raga dengan teratur, paling sedikit dua atau tiga kali seminggu.
  2. Biasakan diri tidur pada waktu yang tetap setiap malam, begitu pula saat bangun pagi.
  3. Makan atau minumlah sesuatu, tetapi jangan meminum minuman keras, sebelum kita tidur.
  4. Usahakan agar ruangan tidur anda sangat gelap.
  5. Mendengar musik-musik ringan saat hendak tidur.
  6. Jangan melihat jam lagi apabila sudah masuk ke tempat tidur. Dengan begitu kita merasa masih punya banyak waktu untuk tidur dan merasa rileks.
  7. Yakinkan diri sendiri bahwa anda akan merasa segar keesokan harinya dan tidak peduli bisa tidur lama atau tidak.
  8. Jangan terlalu dipikirkan di hati tentang masalah insomnianya. Jangan risaukan. Jalani saja hidup ini seperti apa adanya. Dan tidurlah.
  9. Jauhi makanan pemicunya. Kafein dalam kopi dan coklat juga merupakan salah satu pemicunya walau sedikit karena dapat membuat terus terjaga.
  10. Konsumsilah makanan yang lebih ringan sebab jika perut yang terlalu kenyang dapat menyebabkan anda terjaga dari tidur.
  11. angan tidur dalam keadaan perut kosong. Hindari makanan pedas atau mengkonsumsi makanan dan sayuran yang berpotensi memproduksi gas dalam perut.
  12. Jangan meminum alkhol terlebih-lebih di tengah malam.
  13. Kurangi ganguan suara-suara yang tidak menyenangkan, kurangi gangguan cahaya yang tidak menyilaukan mata.
  14. Jangan tidur pada saat kondisi perut sedang lapar, hal ini dapat membuat anda terbangun dan nantinya hanya karena anda ingin mencari makanan.
  15. Percayakanlah waktu bangun pada alarm jam. Terlalu sering melihat jam dikamar akan mempengaruhi reaksi emosi.
  16. Hilangkan segala kecemasan pikiran tentang rencana besok, pikiran tentang tugas yang belum selesai.
  17. Berdo'a sebelum anda memejamkan mata agar anda dapat tidur dengan baik dan nyaman.

Itulah 17 cara mengatasi insomnia yang harus Anda lakukan agar terbebas dari yang namanya gangguan penyakit insomnia yang sangat menggangu rutinitas Anda sehari-hari.

Cara mengobati Insomnia secara alami

Insomnia tentu sangat menyita dan mengganggu waktu Anda sehari-sehari. Dari gejala yang ditimbulkan akibat Insomnia akan menyebabkan berbagai masalah, seperti; kelelahan, depresi, sakit kepala bahkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Cara mengobati insomnia atau gangguan tidur ini bisa dilakukan dengan cara alami dengan tanaman herbal atau makanan alami lainnya tanpa harus memakai obat berbahan kimiawi. Berikut ini beberapa cara alami mengobati insomnia seperti yang dilansir top10homeremedies adalah sebagai berikut:

1. Mengonsumsi pala

Cara membuat obat insomnia ini adalah Anda bisa menambahkan satu sendok teh bubuk pala yang dicampur pada segelas susu dan minum sebelum tidur. Pala ini memiliki sifat sedatif dan sebagai bantuan tidur alami.

2. Pisang

Makanan ini memang banyak sekali khasiatnya. Pisang dapat mengatasi masalah insomnia karena mengandung asam amino. Selain itu juga dapat membantu mengatur pola tidur.

3. Minum Susu hangat

Susu hangat dapat memberikan sensasi ke dalam tubuh sehingga menjadi rileks dan santai. Mengonsumsi susu satu jam sebelum tidur dapat mencegah terhindar dari insomnia dan membantu mendapatka kualitas tidur yang baik.

4. Mandi air hangat

Mandi air hangat dua jam sebelum tidur dan mampu mengatasi insomnia. Untuk mandi air hangat sendiri bisa ditambahkan dengan minyak essenasil yang memberikan aroma tenang pada diri Anda.

Perlu Anda catat seperti yang dilansir oleh kompasiana.com adalah ; Orang yang pola tidurnya terganggu dapat mengalami irama tidur yang terbalik, mereka tertidur bukan pada waktunya tidur dan bangun pada saatnya tidur. Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Nah, sudahkah Anda memahami Insomnia secara lengkap dan jelas? Kehidupan yang sehat salah satunya adalah memiliki tidur yang berkualitas. Jadi, mulailah hidup dengan sehat dan tidur dengan teratur agar tidak terkena penyakit susah tidur atau insomnia. (AB)

Bagikan

Update Terkait

Copyright © | TokoHerbal123 | pemesanan.herbal@gmail.com
Powered by Quick Cart | |

Daftar Rekening

  • transfer BCA tokoherbal 123 No.Rek 2471-7757-81 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer Mandiri tokoherbal 123 No.Rek 135-00-1469455-6 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BNI tokoherbal 123 No.Rek 0458898966 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BRI tokoherbal 123 No.Rek 5895-01-029997-53-7 atas nama AHMAD FANANI