Jinten Hitam Ampuh Cegah Alzheimer

alzheimerJinten Hitam Ampuh Cegah Alzheimer-Ternyata pikun bukanlah termasuk hal yang perlu dimaklumi karena pikun merupakan suatu penyakit. Pikun atau demensia bisa berlanjut menjadi penyakit Alzheimer. Penyakit ini merupakan gangguan pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat hingga kemampuan mental. Mencegah sejak dini dapat mengurangi resiko terkena penyakit tersebut.

Alzheimer bukan merupakan penyakit yang menular melainkan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan sehingga otak mengerut dan mengecil. Alzheimer juga sering disebut sebagai penyakit pikun atau demensia. Penyakit ini banyak diderita oleh mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Demensia atau pikun terjadi akibat kerusakan otak yang menyebabkan hilangnya fungsi otak secara bertahap.Kerusakan otak tersebut dapat dipicu oleh berbagai hal seperti depresi, trauma kepala, penyakit yang menyerang otak, jantung, stroke, hipertensi, diabetes, obesitas, genetik dan faktor usia serta rendahnya tingkat vitamin folat seseorang.

Meskipun penyakit ini tidak ada obatnya, perawatan dapat memperbaiki kualitas hidup pengidap Alzheimer. Mereka yang divonis Alzheimer membutuhkan dukungan dan kasih sayang dari teman dan keluarga untuk mengatasinya. Beberapa gejala Alzheimer yang perlu diwaspadai antara lain :

  1. Gangguan Ingatan
    Sering lupa akan kejadian yang baru saja terjadi, lupa janji, menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali, lupa tempat parkir di mana (dalam frekuensi tinggi).
  2. Sulit Fokus
    Sulit melakukan aktivitas, pekerjaan sehari-hari, lupa cara memasak, mengoperasikan telepon, ponsel, tidak dapat melakukan perhitungan sederhana, bekerja dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.
  3. Sulit melakukan kegiatan yang Familiar
    Sulit melakukan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan seperti mengendarakan mobil, memasak, dan kegiatan familiar lain.
  4. Gangguan Komunikasi
    Terjadi gangguan komunikasi saat berbicara. Mereka tidak bisa mencari  kata yang tepat dan sering berhenti di tengah percakapan, lalu bingung untuk melanjutkan.
  5. Kesulitan memahami visuospasial
    Sulit untuk membaca, mengukur jarak, menentukan jarak, membedakan warna, tidak mengenali wajah sendiri di cermin, menabrak cermin saat berjalan, menuangkan air di gelas namun tumpah dan tidak tepat menuangkannya.
  6. Perubahan perilaku dan kepribadian
    Emosi berubah secara drastis, menjadi bingung, curiga, depresi, takut atau tergantung yang berlebihan pada anggota keluarga, mudah kecewa dan putus asa baik di rumah maupun dalam pekerjaan.

Dengan mengetahui gejala dan betapa besarnya efek dari penyakit ini, tentunya pencegahan wajib dilakukan sedini mungkin. Alzheimer memang susah diobati, namun alzheimer masih bisa dicegah. Bagaimana cara mencegah alzheimer? Berikut ini hal yang bisa dilakukan untuk mencegah Alzheimer, diantaranya :

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan
    Makanan dengan antioksidan dapat mencegah penyakit pikun dan mencegah tentunya mencegah Alzheimer. Banyak sekali sayur dan buah-buahan yang kaya antioksidan. Selain itu teh juga mengandung banyak antioksidan.
  2. Kurangi Makanan Berlemak
    Bukan hanya obesitas, lemak juga dapat memicu perubahan fungsi otak ke arah lebih baik atau lebih buruk. Alzheimer juga bisa dipicu dari makanan berlemak. Sebaiknya kurangi konsumsi lemak jenuh karena dapat membuat sel-sel otak yang menjadi tidak efisien. Selain itu kurangi konsumsi makanan yang digoreng seperti gorengan, nasi goreng, dll.
  3. Rajin Olahraga
    Rajin olahraga ternyata merangsang produksi kolestrol baik. Para peneliti mengklaim kolesterol baik ini dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi untuk mencegah kerusakan pada sistem otak.
  4. Merangsang Pertumbuhan Otak
    Otak mulai menyusut saat usia mencapai 30-40 tahun. Namun peneliti berpendapat seseorang dapat meningkatkan ukuran otak dengan rajin belajar. Cobalah mempelajari berbagai hal baru, perluas pertemanan sebagai stimulasi, baca buku, terlibat dalam pengambilan keputusan, bermain catur, permainan strategis, menghafal, memecahkan masalah, menulis lagu, belajar musik, browsing di internet atau membeli permainan yang merangsang otak.
  5. Kurangi Makanan Manis
    Makanan manis tidak hanya menimbulkan masalah berat badan. Banyak makan manis juga dapat merintis kerusakan otak. Suzanne de La Monte, MD, MPH, seorang neuropathologist dari Brown University bersama tim melakukan penelitian. Dalam penelitiannya menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan resistensi insulin yang memperburuk kondisi otak.
  6. Jaga Kebersihan Gigi
    Gigi dan gusi yang tidak bersih dapat meracuni otak dan cenderung membuat memori semakin rendah. Oleh karena itu rajin menyikat gigi dan flossing dapat membantu menjaga gigi dan mempertajam memori.
  7. Konsumsi tanaman Herbal
    Tanaman herbal yang dapat anda konsumsi adalah jinten Hitam. Jinten hitam mengandung asam linoleat (omega 6), dan asam linolenat (Omega 3), sehingga merupakan nutrisi bagi sel otak yang baik untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. Jintan hitam juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak,  dan sangat cocok untuk diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.

Banyak yang meyakini bahwa jinten hitam ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit terutama alzheimer, sehingga telah digunakan luas sebagai obat sejak 2000 tahun yang lalu. Karena keyakinan tersebut, kini jinten hitam telah banyak tersedia dipasaran dengan berbagai bentuk olahan. Mulai dari minyak jinten hitam, ekstrak biji, kapsul obat dan biji murni.

(Lisha)

Bagikan

Update Terkait

Copyright © | TokoHerbal123 | pemesanan.herbal@gmail.com
Powered by Quick Cart | |

Daftar Rekening

  • transfer BCA tokoherbal 123 No.Rek 2471-7757-81 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer Mandiri tokoherbal 123 No.Rek 135-00-1469455-6 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BNI tokoherbal 123 No.Rek 0458898966 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BRI tokoherbal 123 No.Rek 5895-01-029997-53-7 atas nama AHMAD FANANI