Ketahui Penyebab Rasa Sakit pada Vagina saat Berhubungan Intim

Ketahui Penyebab Rasa Sakit pada Vagina saat Berhubungan Intim

Ketahui Penyebab Rasa Sakit pada Vagina saat Berhubungan Intim - Banyak faktor yang menyebabkan vagina wanita terasa sakit saat berhubungan intim. Hal tersebut biasa dinamakan dengan Dispareunia. Dispareunia merupakan istilah teknis untuk menjelaskan rasa sakit pada vagina, entah karena disebabkan faktor fisik dan psikis.

Sebagian wanita dapat merasakan sakit ketika sedang berhubungan seksual dengan pasangannya, tetapi juga terkadang ada yang merasakan sakit dan nyeri pada vagina setelah berhubungan intim.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Mari cari tahu penyebabnya disini.

Vagina Kering

Kurangnya pelumas atau lubrikasi pada vagina menjadi penyebab umum timbulnya rasa sakit dan nyeri saat dan sesudah berhubungan intim. Kurangnya lubrikasi tersebut bisa disebabkan oleh 2 hal yaitu:

1. Kurangnya pemanasan atau foreplay

Foreplay atau pemanasan bisa sangat menentukan untuk terjadinya lubrikasi di dalam vagina. Hal ini juga sangat tergantung dari mood wanita. seorang wanita yang tidak sedang mood untuk bercinta sangat dimungkinkan otot-otot pada vaginanya akan mengencang dan kering. Jika seorang suami memaksakan untuk penetrasi, yang terjadi adalah vagina terasa sakit dan nyeri.

Rasa kecemasan yang dialami oleh wanita juga dapat menyebabkan vagina kering, dan cara mengatasinya adalah berusaha untuk tetap rileks dan meminta suami untuk melakukan foreplay yang lama.

2. Menurunnya kadar Estrogen

Penurunan kadar estrogen bisa diakibatkan oleh beberapa hal yaitu ketika wanita sedang dalam keadaan hamil, wanita memasuki masa menopause dan saat wanita dalam masa pengobatan kanker payudara.

Ada  beberapa solusi untuk mengembalikan kelembapan vagina, salah satunya yaitu dengan mengoleskan cairan lubrikasi berbahan dasar air sebelum melakukan hubungan intim. Selain itu juga wanita dituntut untuk mengatur pola makan yang sehat seperti asupan lemak tak jenuh dan sering minum air putih.

Gatal Bakteri dan Jamur pada Vagina

Bakteri dan jamur dapat menyebabkan rasa gatal pada vagina, hal ini juga berakibat rasa sakit dan nyeri ketika berhubungan seksual.

Jika vagina terasa gatal-gatal, sebaiknya berhenti dulu dari aktifitas berhubungan seks sampai  gatal-gatal benar-benar sembuh. Gunakan anti biotik untuk mengatasi gatal-gatal pada vagina yang disebabkan oleh bakteri dan jamur, atau bisa juga berkonsultasi dengan dokter spesialis kelamin.

Gatal-gatal akibat bakteri dan jamur di vagina sangat berpotensi membuat vagina mengalami iritasi dan bisa juga membuat pasangan Anda tertular infeksi.

Pada kasus yang lebih parah yang diakibatkan oleh infeksi jamur yang terlalu sering yaitu Vulvodinia. Vulvodinia merupakan sindrom yang menyebabkan vagina menjadi hipersensitif atau teramat sangat peka. Penyembuhan Vulvodinia biasanya disarankan oleh para dokter untuk melakukan pengobatan steroid selain tetap melakukan konsultasi dan kontrol kesehatan vagina.

Sakit sementara

Rasa sakit yang bersifat sementara ketika berhubungan intim  bisa terjadi disebabkan oleh siklus menstruasi. Selain dari siklus menstruasi wanita, rasa sakit pada vagina dapat diakibatkan oleh posisi seks yang salah.

Vaginismus

Vaginismus adalah pengencangan tak terkontrol pada otot vagina, hal tersebut membuat penetrasi sulit untuk dilakukan dan mengakibatkan rasa sakit pada vagina. Secara umum otot-otot vagina akan kembali rileks sesudah penetrasi. Penyebab vaginismus belum diketahui secara pasti tetapi secara umum kondisi ini dikaitkan dengan persoalan psikologis wanita terkait pengalaman seksual traumatis.

Demikian beberapa penyebab rasa sakit pada vagina ketika berhubungan intim. Semoga bermanfaat dan menjadi informasi yang berguna bagi Anda.


Herba V - Obat Herbal Untuk Menjaga Kesehatan & Kesuburan Vagina

Herba V - Obat Herbal Untuk Menjaga Kesehatan & Kesuburan VaginaBagi seorang wanita, menjaga vaginanya agar tetap bersih dan sehat akan membantu meminimalkan penyakit. Untuk menjaga vaginanya agar tetap bersih dan sehat, terkadang ada diantara mereka yang kurang pengetahuan sehingga malah melukai diri sendiri.

Dengan menggunakan Herba V yang merupakan obat yang terbuat dari 100% herbal, maka menjaga kesehatan vagina jadi lebih praktis.

Dan karena Herba V merupakan 100% herbal, maka tidak akan menyebabkan efek samping berbahaya selama penggunaannya sesuai dosis. Disamping itu, Herba V juga diracik dari bahan yang mampu meningkatkan kesuburan vagina. Sehingga cocok untuk wanita yang ingin menjalani ProMil (Program Hamil).

Untuk mendapatkan Herba V, Anda bisa melakukan pemesanan di situs Toko Herbal 123 ini atau menghubungi salah satu kontak kami. Kami memberikan diskon mulai dari 5% untuk pembelian lebih dari 2 produk. Dan.. kami juga menggratiskan ongkir untuk pengiriman ke seluruh pulau Jawa. Cek Selengkapnya..

Bagikan

Update Terkait

Copyright © | TokoHerbal123 | pemesanan.herbal@gmail.com
Powered by Quick Cart | |

Daftar Rekening

  • transfer BCA tokoherbal 123 No.Rek 2471-7757-81 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer Mandiri tokoherbal 123 No.Rek 135-00-1469455-6 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BNI tokoherbal 123 No.Rek 0458898966 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BRI tokoherbal 123 No.Rek 5895-01-029997-53-7 atas nama AHMAD FANANI