Makanan ini berbahaya bagi penderita asam Urat

buah durianSiapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Makanan ini berasal dari kelompok buah-buahan, ia di juluki sebagai King Of Fruit atau raja buah. Tapi, taukah anda, jika makanan ini berbahaya bagi penderita asam urat!

King of fruit atau raja buah adalah sebutan untuk buah durian. Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya. Kenapa durian mendapat julukan raja buah? karena buah durian mempunyai kandungan gizi yang lebih lengkap dibanding buah yang lain.

Diantara kandungan nutrisi yang penting tersebut adalah vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6. Selain itu durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Disamping itu juga ada zat gizi utama seperti karbohidrat, lemak tak jenuh, dan protein.

Durian juga mengandung gula yang cukup banyak, oleh sebab itu bagi penderita diabetes melitus sebaiknya menghindari buah yang satu ini karena akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Bagi penderita jantung serta penderita darah tinggi sebaiknya juga menghindarinya, karena durian juga mengandung kadar kolesterol yang cukup tinggi. Kalaupun makan hannya sekedarnya dan tidak berlebihan tentu tidak akan menjadi masalah. Buah durian juga bersifat panas seperti halnya makanan tape oleh sebab itu sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsinya.

Sebenarnya buah durian memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan, tetapi dalam persepsi dimasyarakat terlanjur terbentuk bahwa dibalik kelezatan buah durian akan ada efek negatifnya. Persepsi tersebut memang tidak sepenuhnya salah tetapi tidak sepenuhnya benar. Jika kita mengkonsumsi buah durian secara berlebihan memang akan jadi penyakit. Tetapi jika kita makan sewajarnya, kemungkinan itu sangat kecil.

Selain memiliki rasa yang nikmat dan kandungan nutrisi yang begitu lengkap, buah durian juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang tak kalah pentingnya, antara lain :

  1. Mencegah Penuaan Dini
    Buah durian mengandung Vitamin C yang merupakan bahan baku pembuatan kolagen. Seperti kita ketahui bahwa kolagen adalah faktor penting dalam menjaga keremajaan kulit. Tak hanya itu, kolagen juga berperan penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang tendon, dan ligamen.
  2. Meningkatkan Kemampuan Otak
    Sebuah studi yang dilakukan di Twickenham, London, Inggris, menyebutkan bahwa 200 pelajar diminta untuk mengonsumsi buah durian dalam jumlah cukup pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Hasilnya, lebih dari 80 persen siswa mengalami peningkatan kemampuan otak dalam menyerap pelajaran dan lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diberikan.
  3. Mencegah depresi
    Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam buah durian juga dapat membantu memproduksi hormon serotonin. Hormon penting yang membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik sehingga mencegah Anda dari risiko stres dan depresi.
  4. Obat tidur Alami
    Kandungan amino triptofan dalam durian dapat meringankan kecemasan, insomnia, dan menciptakan perasaan euforia dengan cara meningkatkan kadar serotonin pada otak. Serotonin merupakan zat penting untuk mengatur siklus tidur yang bekerja sama dengan zat lain yakni melatonin.
  5. Nutrisi Bagi Tulang dan Gigi
    Buah durian mengandung kalsium, kalium serta vitamin B1 dan B2 yang dapat menyuplai berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dang gigi anda.
  6. Pencernaan yang Lebih Sehat
    Buah durian mengandung serat yang cukup tinggi, kandungan serat inilah yang dapat membantu kerja organ pencernaan dapat bekerja lebih optimal. Sehingga, berbagai masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar bukan menjadi masalah lagi.

Bagaimana konsumsi durian bagi penderita asam urat?

Rasa buah durian memang lezat dan mempunyai banyak manfaat karena memiliki kandungan gizi yang tinggi. Namun, taukah anda! dibalik kelezatan dan banyaknya manfaat, buah durian juga menyimpan efek samping yang dapat membahayakan penderita asam urat. Durian, sebagai buahan-buahan yang harus dihindari penderita asam urat. Ini harus dicamkan baik-baik oleh penderita asam urat karena jika berlebihan dalam mengkonsumsi buah durian dan makanan olahannya, maka dikhawatirkan kadar kolesterol didalam darah pun akan meningkat. Akibatnya, terjadi penyumbatan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar.

Dengan berhentinya aliran darah ini, maka nutrisi yang dibutuhkan oleh organ tubuh seperti ginjal tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik. Selain itu, naiknya kadar kolesterol dalam darah juga dapat memicu penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung. Untuk itu, hindarilah buah durian bila ingin tetap sehat dan terbebas dari penyakit asam urat.

Selain menghindari buah durian, penderita asam urat juga dianjurkan untuk menjauhi buah mlinjo dan buah nanas. Buah melinjo dan produk olahannya seperti emping sudah sangat dikenal memiliki kadar zat purin tinggi. Oleh karena itu, bagi penderita asam urat, mengkonsumsi emping dan melinjo merupakan kesalahan besar karena ini dapat memicu naiknya kadar zat purin di dalam darah. Dengan naiknya kadar purin ini maka rasa sakit pun mulai menyerang bagian sendi di kaki dan tangan.

Sedangkan mengkonsumsi buah nanas dapat memicu munculnya penyakit rematik dan asam urat. Memang buah nanas rasanya lezat, namun perlu waspada karena didalam pencernaan, buah nanas ini akan berubah dan mengalami fermentasi untuk menghasilkan alkohol. Produksi alkohol didalam pencernaan ini harus dicegah karena ini dapat mengakibatkan penyakit asam urat. Jadi, haruslah bijaksana dalam mengkonsumsi buah-buahan. Ada buah yang baik untuk mencegah dan mengobati penyakit asam urat. Namun, ada juga buah yang justru dapat memicu timbulnya penyakit asam urat. Jadi, setiap orang harus mengetahui buahan-buahan yang harus dihindari penderita asam urat.

Bagi anda penderita asam urat, selain menjauhi buah-buahan diatas. Dianjurkan bagi anda untuk mengkonsumsi obat herbal untuk penyakit asam urat. NATURAL REMEDIES adalah salah satu obat herbal asam urat yang baik untuk anda konsumsi. Karena NATURAL REMEDIES terbuat dari bahan-bahan herbal alami yang telah terbukti secara klinis mampu mengobati asam urat dengan mengurangi kadar purin dalam tubuh.

NATURAL REMEDIES disamping dapat mengobati penyakit asam urat juga dapat Membantu mengatasi gejala Encok, Rheumatik, Kencing Batu, Keputihan, dan Infeksi Kandung Kemih jika dikonsumsi secara rutin.

Dapatkan obat herbal asam urat, NATURAL REMEDIES di Toko Obat Herbal Online ini sekarang juga, demi kesehatan dan kebahagiaan Anda di masa depan. (Lisha)

Bagikan

Update Terkait

Copyright © | TokoHerbal123 | pemesanan.herbal@gmail.com
Powered by Quick Cart | |

Daftar Rekening

  • transfer BCA tokoherbal 123 No.Rek 2471-7757-81 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer Mandiri tokoherbal 123 No.Rek 135-00-1469455-6 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BNI tokoherbal 123 No.Rek 0458898966 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BRI tokoherbal 123 No.Rek 5895-01-029997-53-7 atas nama AHMAD FANANI