Makanan ini pemicu sembelit

obat herbal konstipasiHampir semua orang, termasuk Anda mungkin pernah mengalami konstipasi atau banyak orang menyebutnya dengan sembelit. Sembelit terkadang hanya dianggap enteng padahal kalau dibiarkan terus-menerus akan berdampak buruk pada kesehatan, termasuk didalamnya bisa menyebabkan kanker. Sebenarnya beberapa makanan ini pemicu sembelit, sebaiknya  jauhi makanan ini atau kurangi porsinya sampai sedikit sekali.

Sembelit atau konstipasi ini merupakan frekuensi buang besar yang tidak normal dimana intensitasnya lama karena feses atu tinja yang kering dan keras sehingga susah dikeluarkan dan menimbulkan rasa sakit saat buang air besar. Gangguan yang lebih berat dari sembelit ini ialah usus tersumbat dan kanker usus besar.

Sembelit lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan laki-laki, terutama sembelit pada wanita hamil seringkali dijumpai. Usia juga mempengaruhi, seseorang yang telah berusia lanjut beresiko terkena sembelit karena keadaan tubuh yang sering istirahat dan tidak aktif bergerak.

Kenapa bisa terjadi sembelit?

Sembelit bisa terjadi karena pergerakan feses pada usus yang berjalan lambat sehingga menyebabkan konsistensinya menjadi keras dan kering. Sembelit yang terjadi tidak bisa dipisahkan oleh makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa makanan yang beresiko sebagai pemicu sembelit, diantaranya sebagai berikut :

  1. Makanan Olahan
    berbagai makanan olahan sesungguhnya tidak baik untuk kesehatan karena mengandung sedikit sekali serat. Apabila Anda mengonsumsi makanan olahan secara terus-menerus dalam jangka panjang akan membuat terganggunya saluran pencernaan.
  2. Daging Merah
    sama dengan makanan olahan, daging kambing atau sapi jika dikonsumsi tanpa disertai sayuran sangat mungkin beresiko menimbulkan sembelit. Makanya, sebaiknya Anda membiasakan untuk menyertakan sayuran ketika akan mengonsumsi daging supaya saluran pencernaan bisa lebih mudah mencernanya. Anda tahu, daging memerlukan waktu sampai 90 jam untuk dapat dicerna dengan baik.
  3. Kafein dan Bisukuit
    Kafein dapat menimbulkan sembelit karena dapat memicu terjadinya dehidrasi pada tubuh manusia. Dan dehidrasi itu yang menjadi penyebab utama terjadinya sembelit. Biskuit juga merupakan makanan yang dapat menimbulkan sembelit pada orang yang menyantapnya. Selain itu kandungan biskuit yang tinggi gula dan lemak namun rendah serat akan memicu adanya timbunan lemak di paha dan juga beresiko terkena penyakit diabetes. Konsumsi biskuit sebaiknya diimbangi pula dengan mengonsumsi makanan banyak serat, buah, dan sayuran.
  4. Makanan Berminyak
    Produk makanan yang mengandung minyak juga bisa menyebabkan sembelit. Terutama bagi Anda yang sedang berada di usia peralihan dari 20-an ke 30-an untuk sedikit mengurangi konsumsi makanan berminyak dan asin yang dapat menimbulkan resiko terkena berbagai masalah pencernaan.
  5. Produk Susu
    Kandungan lemak jenuh dan komponen serat yang hampir tidak ada menjadi alasan kenapa produk susu masuk ke dalam makanan yang patut Anda waspadai. Jika Anda mengalami sembelit, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi keju dan susu dari sarapan Anda dan menggantinya dengan oatmeal atau yogurt.

Beberapa makanan yang telah dijelaskan diatas memang lezat, tetapi dibalik kelezatannya dapat menimbulkan berbagai masalah pencernaan terutama penyakit sembelit. Sebaiknya hindari makanan-makanan diatas agar sistem pencernaan anda lancar. Mencegah lebih baik dan mudah daripada mengobati.

Bagi anda yang sudah mengalami sembelit, cobalah untuk minum air putih dalam jumlah banyak, 2-4 gelas. Anda juga bisa mengkonsumsi pepaya. Sebab, pepaya mengandung papain yang dapat melunakkan feses. Kalau cara tersebut tidak berhasil, anda juga masih bisa mencoba beberapa ramuan yang ditemukan ahli tanaman obat di bawah ini :

  1. Daun Ungu (Graptophyllum pictum (L). Griff)
    Daun ungu mengandung alkaloid non toksik, glikosod, steroid, saponin, tanin dan lendir. Saponin inilah yang mempunyai efek sebagai pencahar ringan (mild laxative).
    Ramuan: Daun ungu segar tujuh lembar, rebus dengan dua gelas air hingga jadi satu gelas. Saring kemudian minum.
  2. Kejibeling (Strobilanthes crispus Bl)
    Kejibeling mengandung berbagai bahan kimia seperti kalium, asam silikat, natrium, kalsium, serta beberapa senyawa lain. Di samping itu, kejibeling mempunyai efek pencahar dan diuretik, sehingga baik untuk penderita sembelit.
    Ramuan: Setengah genggam daun keji beling segar dicuci hingga bersih. Kemudian rebus dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas. Saring dan minum.
  3. Ketepeng Cina (Cassia alata L.)
    Daun ketepeng cina mengandung zat samak serta bersifat sebagai laksatif. Selain itu, tanaman ini juga memiliki rasa pedas, hangat, insektisidal, obat cacing, obat kelainan kulit yang disebabkan oleh parasit kulit. Efek farmakologi terutama didapat dari daunnya.
    Ramuan: Daun ketepeng cina muda dan segar sebanyak tujuh lembar dididihkan dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Angkat, saring, dan minum.
  4. Lidah buaya (Aloe vera)
    lidah buaya kaya dengan kandungan kimia seperti aloin, barbaloin, isobarbaloin, aloe-emodin, dan aloesin. Getah daun lidah buaya merupakan perantara pembersih yang cukup kuat. Namun, kandungan pencahar yang cukup kuat pada lidah buaya, anthraquinone, terkadang dapat menimbulkan diare dan kram usus. Itu sebabnya, harus digunakan dengan hati-hati. Ada baiknya melakukan konsultasi dengan ahli herbal atau naturopati.
    Ramuan: Separuh batang lidah buaya dicuci hingga bersih. Kemudian buang kulitnya. Isinya lantas dicincang, seduh dengan setengah cangkir air panas. Tambahkan satu sendok makan madu. Selagi hangat dimakan dua kali sehari. Catatan: Ramuan tersebut tidak diperuntukkan bagi wanita hamil, haid, dan penderita diare.
  5. Mengkudu (Morinda citrifolia L.)
    Buah mengkudu mengandung alkaloid triterpenoid. Selain itu. mengkudu juga mengandung morindon yang merupakan zat warna merah dan berkhasiat sebagai pencahar.
    Ramuan: Dua buah mengkudu masak dicuci dan parut. Tambahkan sedikit garam. Aduk hingga rata. Lalu peras dengan kain. Minum dua kali sehari.
  6. Temulawak (Curcuma xanthorriza)
    Tanaman yang termasuk dalam keluarga Zingiberaceae ini mempunyai sifat agak pahit, antisembelit, antiradang, tonikum, diuretik, dan bakteriostatik. Efek tersebut didapat dari penggunaan rimpang, baik segar maupun dikeringkan.
    Ramuan: Rimpang temulawak digiling halus bersama biji sesawi. Beri sedikit air. Peras, kemudian airnya diminum. Atau, rimpang temulawak diiris ditambah dengan asam jawa dan gula jawa. Setelah itu tuangkan air mendidih, saring. Airnya kemudian diminum.Jika anda ingin cepat terbebas dari sembelit anda, anda dapat mengkombinasikan beberapa ramuan diatas.

Jika anda merasa kesulitan, Anda dapat mengkonsumsi obat herbal pembersih usus DEFECURE. Obat herbal pembersih usus ini terbuat dari beberapa ramuan bahan-bahan herbal alami yang telah dijelaskan di atas. untuk memudahkan anda mengkonsumsinya DEFECURE dibuat dalam bentuk kapsul siap minum. Obat ini berfungsi sebagai ekstrak serat dan nutrisi penting yang langsung merangsang usus, jaringan, otot, dan pembuluh  darah yang berkaitan untuk melancarkan proses ekskresi feces atau tinja.

Dapatkan segera obat herbal pembersih usus DEFECURE hanya di Toko Obat Herbal Online ini. Demi kenyamanan dan masa depan anda yang lebih baik. (Lisha)

Perhatian :

Janganlah menganggap remeh masalah sembelit. Karena sembelit yang tak kunjung diobati atau dibiarkan saja, lama-lama akan menyebabkan berbagai penyakit, diantaranya : hemoroid, tumor dan kanker usus besar. Karena kontak feses yang lama dengan mukosa pada dinding usus besar berpotensi tumbuhnya sel-sel abnormal sebagai sumber kanker usus besar atau munculnya polip dan divertikula di usus besar.


 

Baca Juga Artikel Terkait :

Bahaya Akibat Sembelit

Cara Efektif Mengatasi Sembelit

Cintai Ususmu Sebelum Terlambat

Ingin Usus Bersih secara Alami, Ini Rahasianya

Tips MUdah Atasi Konstipasi

Bagikan

Update Terkait

Copyright © | TokoHerbal123 | pemesanan.herbal@gmail.com
Powered by Quick Cart | |

Daftar Rekening

  • transfer BCA tokoherbal 123 No.Rek 2471-7757-81 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer Mandiri tokoherbal 123 No.Rek 135-00-1469455-6 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BNI tokoherbal 123 No.Rek 0458898966 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BRI tokoherbal 123 No.Rek 5895-01-029997-53-7 atas nama AHMAD FANANI