Penyebab Masalah Kesuburan Pada Wanita

Menurut survey sebuah penelitian menyatakan bahwa masalah kesuburan terjadi pada 40 persen wanita, 40 persen pada pria dan 30 persen pada keduanya.

Masalah kesuburan memang sangat penting bagi setiap pasangan, khususnya pasangan muda yang baru menikah yang memiliki rencana untuk segera mendapatkan keturunan.

Mengapa bisa terjadi Infertilitas/Ketidaksuburan?

Tidak dipungkiri akan terjadi kekhawatiran oleh pasangan apabila telah menikah selama minimal 2 tahun tetapi belum dikaruniai keturunan. Hal tersebut dapat dikategorikan dalam masalah Kesuburan atau infertilitas apabila mereka tidak menggunakan alat kontrasepsi. Jika hal ini terjadi, jelas terjadi masalah kesuburan yang cukup serius yang harus segera dikonsultasikan ke dokter untuk mengetahui siapa yang memiliki masalah kesuburan agar dilakukan treatment atau terapi penyembuhan.

Tidak ada yang harus disalahkan ketika suami atau istri ternyata mengalami infertilitas, karena ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi tubuh manusia sehingga bisa menyebabkan ketidaksuburan tersebut.

Dan pada pembahasan kali ini, akan diuraikan beberapa penyebab masalah kesuburan pada wanita.

Ada beberapa masalah dan penyebab ketidaksuburan pada wanita, seperti contoh-contoh berikut ini :

Sumbatan pada saluran telur

Sumbatan saluran telur disebabkan antara lain adanya perlengketan pada sekitar saluran telur, hal ini bisa saja terjadi dikarenakan pernah terkena IMS dan radang panggul sehingga menghambat pertemuan sel telur dengan sperma.

Kelainan Mulut Rahim

Normalnya, mulut rahim mengarah ke depan (antefleksi), sehingga berhadapan langsung dengan dinding belakang vagina. Kondisi inilah yang memungkinkan spermatozoa sampai ke dalam saluran mulut rahim yang menghubungkan antara vagina dan rongga rahim. Penyimpangan dari posisi normalnya, seperti retrofleksi (posisi rahim menghadap ke belakang), bisa menghambat terjadinya kehamilan.

Kelainan Rahim

Adanya kelainan  rongga rahim karena perlengketan, mioma atau polip; peradangan endometrium dan gangguan kontraksi rahim, dapat mengganggu transportasi spermatozoa. Kalaupun sampai terjadi kehamilan biasanya kehamilan tersebut akan berakhir sebelum waktunya.

Endometriosis

Endometriosis merupakan suatu kondisi yang menyebabkan jaringan dalam rahim tumbuh di luar rahim. Dalam kebanyakan kasus, tidak ada gejala endometriosis. Endometriosis dapat menyebabkan nyeri saat siklus menstruasi, sakit saat hubungan seksual, dan nyeri panggul. Dalam kondisi ini, dokter mungkin mencoba untuk mengangkat jaringan melalui operasi dan membuka blokir saluran telur. Obat kesuburan dan inseminasi buatan agar dapat membantu wanita untuk bisa hamil.

Berat Badan Tidak Seimbang

Berat badan yang tidak seimbang dapat mengganggu kesuburan perempuan, karena tubuh memerlukan 17% dari lemak tubuh di awal masa siklus haid, dan 22% di sepanjang siklus haid. Lemak tubuh mengandung enzim aromatase yang dibutuhkan untuk memproduksi hormon estrogen. Jadi, jika persediaan lemak dalam tubuh tidak memadai, akan memberikan andil besar terhadap ketidaksuburan.

Faktor Usia

Pada wanita, ada tahapan masa kesuburan yang lambat laun akan menurun dan semakin menurun drastis sampai akhirnya masuk ke masa menopause yang biasanya dimulai dari usia 30 tahunan. Cadangan sel telur akan terus berkurang setiap kali wanita mengalami menstruasi dan lama-kelamaan akan habis saat menopouse.

Stres dan Tekanan akibat Gaya Hidup Tinggi

Gaya hidup ternyata pegang peran besar dalam menyumbang angka kejadian infertilitas, yakni sebesar 15-20%. Gaya hidup yang serba cepat dan kompetitif sangat rentan membuat seseorang terkena stres. Padahal kondisi jiwa yang penuh gejolak bisa menyebabkan gangguan ovulasi, gangguan spermatogenesis, spasme tuba fallopi, dan menurunnya frekuensi hubungan suami istri.

 

Bagikan

Update Terkait

Copyright © | TokoHerbal123 | pemesanan.herbal@gmail.com
Powered by Quick Cart | |

Daftar Rekening

  • transfer BCA tokoherbal 123 No.Rek 2471-7757-81 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer Mandiri tokoherbal 123 No.Rek 135-00-1469455-6 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BNI tokoherbal 123 No.Rek 0458898966 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BRI tokoherbal 123 No.Rek 5895-01-029997-53-7 atas nama AHMAD FANANI