Pro Kontra Manfaat dan Bahaya Robot Seksual

Robot sudah banyak menempati berbagai macam posisi pekerjaan yang menggantikan manusia dari mulai penggunaannya di industri pabrik sampai penjaga keamanan, tapi segera mereka mulai merambah ke industri seks juga.

Menurut prediksi pakar Futurologist, hubungan antara pria dan wanita akan mengalami perubahan dengan kedatangan partner baru ( hubungan baru ) yaitu Android dalam kurun waktu 10 Tahun kedepan. Bahkan beberapa perusahaan besar telah mulai mempersiapkan pengembangan robot yang dapat digunakan sebagai pengganti manusia ketika beraktifitas seksual.

Tentu kabar tersebut menimbulkan pro dan kontra. Banyak yang menganggap kemunculan robot seks dapat mengakibatkan bahaya-bahaya potensial. Alasan tersebut salah satunya yaitu robot seks akan menggantikan atau memunculkan perubahan interaksi dalam hubungan antar manusia

Kekhawatiran terhadap maraknya robot seks juga di dengungkan oleh ahli antropologi robot dan etika dari De Montfort University Leicester, Inggris yang bernama Kathleen Richardson. Dalam kampanyenya Kathleen menyampaikan bahwa robot seks justru menyebabkan dan meneguhkan obyektifikasi perempuan, anak-anak, pria dan kaum transgender dalam masyarakat. Kathleen juga mengatakan secara tegas; "Kita saat ini sudah menggunakan wanita dan anak-anak di dunia nyata sebagai obyek seks dan perlengkapan ini semakin meneguhkan pesan itu".

Dalam kurun waktu terakhir, robot seks maupun boneka seks mengalami peningkatan minat yang cukup signifikan. Sebagai contoh saja, boneka seks pada sebagian golongan masyarakat ternyata telah menggantikan posisi kedudukan pasangan nyata

Sebuah pilihan yang aneh tetapi beberapa orang melakukannya yaitu berhubungan dengan robot atau boneka seks layaknya berpasangan dengan pria/wanita nyata.

Salah satu bahaya adanya robot seks seperti yang diutarakan oleh Dr. Helen Driscoll adalah menurunnya kesehatan mental. Ia berpendapat bahwa seseorang yang kecanduan dunia maya, game online dan robot seks memiliki kemungkinan berbahaya pada kesehatan mentalnya kedepan.

Robot seks juga akan berdampak pada hubungan seksual antar pasangan yang tidak berkembang. Seperti diketahui sebuah hubungan haruslah melalui perasaan dalam hati dengan diwakili perilaku secara luar, sedangkan hubungan dengan boneka atau robot seks lebih bersifat dominan sepihak yang memunculkan sikap arogan, egois, dominasi sepihat, berkurangnya empati pada pasangan dan lain sebagainya.

Robot seks juga diprediksikan justru akan merugikan manusia. Memang hal tersebut dibantah oleh pembuat salah satu robot seks ternama “Roxxxy” yaitu Douglas Hine.

Hine beranggapan bahwa robot seks sangat bermanfaat dan berguna bagi manusia. Dia juga mengatakan, robot seks bisa memiliki kegunaan terapi, seperti terapi seks. Selain itu manfaat robot seks adalah dapat mengurangi perdagangan seks wanita dan kekerasan dalam rumah tangga.

Tetapi hal tersebut dibantah dan ditentang oleh kelompok “Kampanye Melawan Robot Seks”. Salah satunya yaitu Erik Billing, seorang dosen senior associate di Sekolah Informatika di Swedia, dia mengatakan bahwa banyak sekali kekhawatiran yang disebabkan kemajuan tehnologi seks seperti seks toys dan robot seks.bagi hubungan manusia dengan manusia lainnya jika produk ini dibuat dalam skala besar.

 

Bagikan

Update Terkait

Copyright © | TokoHerbal123 | pemesanan.herbal@gmail.com
Powered by Quick Cart | |

Daftar Rekening

  • transfer BCA tokoherbal 123 No.Rek 2471-7757-81 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer Mandiri tokoherbal 123 No.Rek 135-00-1469455-6 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BNI tokoherbal 123 No.Rek 0458898966 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BRI tokoherbal 123 No.Rek 5895-01-029997-53-7 atas nama AHMAD FANANI