Sperma Kosong/Azoospermia Apakah Bisa Sembuh??? Ini Jawabnya

azoospermia apakah bisa sembuhSperma kosong atau azoospermia apakah bisa sembuh??? Itulah pertanyaan yang sering muncul dari para pria yang mengalami masalah kemandulan.

Sperma kosong atau Azoospermia adalah salah satu gangguan pada kualitas sel sperma yang paling umum diderita pria.

Sperma kosong atau azoospermia adalah kondisi dimana seorang pria hanya mengeluarkan cairan sperma saat ejakulasi tampa adanya sel sperma di dalam cairan sperma itu sendiri.

Berbeda dengan pendapat pakar yang satu ini yang mana kami kutip dari sumber terpercaya, menurut Prof. Dr. Randanan Bandasi, Msc,DFFM. SpPA (K) SpF, SpAnd  “Azoospermia adalah tidak adanya sel spermatozoa / benih di dalam sperma, Sperma ada, akan tetapi sel-sel spermatozoanya yang tidak ada. Penyebabnya bisa bermacam-macam, dan pria yang menderita penyakit ini tentu saja akan sulit memiliki keturunan” .

Tidak ada penyakit yang tidak bisa sembuh, hanya saja terkadang berbagai penyakit tertentu memang belum ditemukan cara pengobatannya dan butuh waktu yang lama dalam pengobatannya.

Sebelum mengetahui jawaban Azoospermia apakah bisa sembuh???, perlu sekali untuk mengetahui dan mengurangi  pola hidup di bawah ini agar tidak semakin mempengaruhi kualitas sperma.

Pola Hidup Pemicu Lahirnya Azoospermia

  1. Sering Pakai Celana Ketat

    Celana ketat yang dipakai hampir setiap hari dan sepanjang hari akan membuat testis menjadi pengap sehingga testis yang bertugas memproduksi sperma mengalami penurunan kinerja.

    Dan perlu diketahui kalau testis butuh udara yang normal, tidak terlalu lembab dan juga tidak terlalu dingin.

    Testis adalah kunci dari kesuburan pria, testis yang sehat akan memproduksi sperma yang  sehat pula, dan begitu sebaliknya.
  1. Olahraga Yang Salah

    Salah dalam hal ini adalah cara atau proses dari olah raga itu sendiri, sebagai contoh dari olahraga yang salah adalah berspeda dengan durasi yang lama.

    Ketika sedang mengayuh pedal, hal yang terjadi adalah testis mengalami tekanan. Tekanan yang terus-menerus akan merusak kinerja testis.

    Dan terlebih lagi adalah berspeda dengan menggunakan celana khusus berspeda, yang mana jenis dari celana ini didesain dengan desain sangat-sangat ketat.

    Testis menjadi sakit dan sulit menyesusaikan suhu yang menjadi suhu ternyaman baginya.
  1. Sering Berendam Air Hangat

    Berendam pada air hangat akan membuat testis mengalami peningkatan suhu, padahal seperti paparan di atas bahwa testis butuh suhu yang normal yang artinya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.
  1. Merokok

    Dalam semua penyebab penyakit pasti ada akibat dari asap rokok, bagaimana tidak??? Asap dari pembakaran daun tembakau ini mengakibatkan racun yang bisa merusak hormon testosteron.

    Hormon inilah yang berkondtribusi besar pada kesehatan seksual dan kesuburan pria. Dan jika hormon ini terganggu maka kesuburan spermatozoa juga otomatis juga ikut terganggu.

Ciri Fisik Penyakit Azoospermia

  1. Air Sperma Berwarna Bening

    Ciri mudah dari air sperma yang banyak mengandung spermatozoa atau sel sperma adalah air sperma tersebut memiliki warna kuning kental, dan sebaliknya jika air sperma yang memiliki sedikit sel sperma biasanya berwarna putih bening.
  1. Air Sperma Tidak Lengket

    Untuk mengetahui subur tidaknya sel sperma, coba sentuh air mani anda dan rasakan apakah serasa lengket atau tidak. Jika lengket maka anda boleh berbesar hati.
  1. Air Sperma Encer

    Azzospermia bisa diketahui dengan kondisi dari air sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi, jika air sperma encer yang keluar encer maka kemungkinan air sperma tersebut tidak mengandung spermatozoa atau pemiliknya memang mengidap Azoospermia.

Sembuh Tidaknya Azoospermia Tergantung Penyebabnya

Dari kedua penyebab sperma kosong ini nantinya salah satunya bisa disembuhkan dengan terapi atau dengan operasi medis.

  1. Fungsi Testis Rusak

    Rusaknya testis oleh berbagai pola hidup di atas terkadang bisa mengakibatkan rusaknya fungsi testis sebagai produsen spermatozoa. Dan jika Azoospermia disebabkan karena testis tidak bisa lagi berfungsi secara primer ( Primary tersticular failure ). Maka teknik pembuahan bantuan seperti bayi tabung tidak akan berhasil karena memang tidak ada istrumen pembuatan sperma dalam testis.

    Sebagi organ pengahasil spermatozoa , testis biasanya memiliki ukuran yang normal dan kenyal. Dan sebaliknya jika testis memiliki ukuran yang kecil dan sangat keras maka bisa dikatakan mengalami gagal fungsi ( kegagalan testis primer ).

    Dan yang mengejutkan adalah Azoospermia karena testis tidak lagi memproduksi sperma tidak bisa lagi disembuhkan secara medis, namun anda tidak boelh berkecil hati karena kesembuhan adalah milik Tuhan semata.
  1. Penyumbatan Saluran Keluar

    Masih menurut Prof. Dr. Randanan Bandasi, Msc,DFFM. SpPA (K) SpF, SpAnd  “Sperma itukan ada di dalam biji pelir, di biji pelir itu ada saluran naik ke atas, itulah yang keluar lewat alat kelamin. Bisa juga karena saluran tersebut tersumbat. Misalnya, terjadi infeksi atau akibat adanya kelainan bawaan”.

    Saluran keluarnya sperma (Vasa Deferens ), sperma sudah diproduksi oleh testis namun jalan keluarnya tersumbat entah oleh luka atau infeksi.

    Dan kabar baik bagi para penderita adalah pertanyaan Azoospermia apakah bisa sembuh terjawab sudah, jawabannya adalah bisa sembuh jika memang Azoospermia yang disebabkan oleh penyumbatan ini.

Pengobatan dari sperma kosong atau juga Azoospermia ada dua, yang pertama adalah dengan operasi dan yang kedua adalah dengan konsumsi obat penyubur dan pengental sperma atau obat penambah jumlah sperma.

Untuk penderita yang takut dengan Pisau bedah atau meja operasi maka terapi pengobatan misal dengan obat herbal lebih disarankan

Semoga artikel dengan tema "Azoospermia apakah bisa sembuh" ini bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.

Salam sehat dan bugar selalu dari CV.Karya Abadi Jepara.

Sumber Terpercaya: memperbanyak-sperma.com
Penulis                : Adinda Nova

Bagikan

Update Terkait

Copyright © | TokoHerbal123 | pemesanan.herbal@gmail.com
Powered by Quick Cart | |

Daftar Rekening

  • transfer BCA tokoherbal 123 No.Rek 2471-7757-81 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer Mandiri tokoherbal 123 No.Rek 135-00-1469455-6 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BNI tokoherbal 123 No.Rek 0458898966 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BRI tokoherbal 123 No.Rek 5895-01-029997-53-7 atas nama AHMAD FANANI