Ternyata Pisang Dapat Turunkan Risiko Stroke!

pisang dapat turunkan risiko strokePisang merupakan salah satu buah yang sangat digemari oleh hampir sebagian besar lapisan masyarakat, terutama masyarakat Indonesia. Buah yang mudah dijumpai di Indonesia ini diketahui mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Seperti buah-buah lainnya, pisang juga memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh.

Pisang dapat turunkan risiko stroke bagi wanita menopause

Sebuah penelitian modern telah menunjukkan bahwa asupan pisang dapat mengurangi risiko stroke pada wanita pasca-menopause. Para peneliti meneliti kurang lebih 90.000 wanita menopause berusia 50 sampai 79 tahun selama sekitar 11 tahun.

Para peneliti melihat jumlah kalium yang peserta konsumsi dan apakah mereka meninggal atau mengalami stroke selama penelitian. Hasilnya, para peserta yang rutin mengkonsumsi pisang, rata-rata tidak mengalami stroke sama sekali. Asupan kalium mereka rata-rata adalah 2,611 mg perhari.

Dari penelitian tersebut, wanita yang mengkonsumsi pisang diketahui 12% lebih rendah kemungkinannya untuk menderita stroke, dan 16%lebih rendah kemungkinannya untuk terkena stroke iskemik (aliran darah ke otak terputus) dibandingkan dengan wanita yang jarang makan pisang.

Diantara wanita yang tidak memiliki tekanan darah tinggi, mereka yang mengkonsumsi pisang dinyatakan 27% lebih kecil kemungkinannya untuk terkena stroke iskemik dan 21% mengalami penurunan risiko pada semua jenis stroke.

Untuk wanita yang memiliki hipertensi, mereka yang mengkonsumsi pisang diketahui memiliki risiko kematian yang lebih rendah, namun asupan kalium ternyata tidak menurunkan risiko stroke mereka.

Sylvia Wassertheil-smoller, penulis penelitian tersebut menyatakan bahwa temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa wanita perlu mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung tinggi kalium. Anda tidak akan menemukan makanan berkalium tinggi di makana siap saji atau junk food. Beberapa makanan yang kaya kalium seperti pisang, kentang putih, dan kacang putih.

Namun kelebihan kalium juga dapat membahayakan jantung, jadi konsumsilah asupan kalium dalam takaran yang pas dan frekuensi yang wajar.

Bagikan

Update Terkait

Copyright © | TokoHerbal123 | pemesanan.herbal@gmail.com
Powered by Quick Cart | |

Daftar Rekening

  • transfer BCA tokoherbal 123 No.Rek 2471-7757-81 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer Mandiri tokoherbal 123 No.Rek 135-00-1469455-6 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BNI tokoherbal 123 No.Rek 0458898966 atas nama AHMAD FANANI
  • transfer BRI tokoherbal 123 No.Rek 5895-01-029997-53-7 atas nama AHMAD FANANI